Senin, 08 Maret 2010

PT BSS Sasaran Pengembangan Revbun

0 komentar
RUPIT- Kadisbun Mura, Suharto Patih didampingi Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha Tani, Asyikin menjelaskan ada beberapa perusahaan perkebunan di Kabupaten Musi Rawas berpotensi sebagai lokasi untuk pengembangan program revitalisasi perkebunan (Revbun).
Dan sebagian besar lokasinya berada di wilayah Musi Rawas Utara, diantaranya PT Buana Sriwijaya Sejahtera (BSS). Perusahaan ini memiliki areal perkebunan seluas lebih kurang 5000 hektar, berada di Desa Karangdapo, Kelurahan Karangdapo, dan Desa Biaro Lama (Kecamatan Karangdapo). Kemudian di Kecamatan Rawas Ilir, berada di Desa Mandi Angin, Aringin, dan Kelurahan Bingin Teluk. Sedangkan di Kecamatan Nibung, lokasinya di Desa Jadi Mulya. “Sebagai penyandang dana, rencananya dilakukan oleh BNI 46,” ujar Asyikin.
Selain PT BSS, ada juga PT Indopalma Lestari. Luas kebun plasmanya sekitar 2000 hektar dengan lokasi di Desa Karang Anyar dan Maur (Kecamatan Rupit) serta Desa Remban, Lubuk Kemang, dan Lesung Batu (Kecamatan Rawas Ulu). Hanya saja sambungnya, hingga saat ini penyandang dananya belum diketahui secara pasti.
Terakhir PT Daya Agro Lestari, luas kebun plasma sekitar 900 hektar dengan lokasi di Desa Sungai Pinang Kecamatan Muara Lakitan. Namun penyandang dananya juga belum diketahui.
Disamping pengembangan terhadap perusahaan baru, Dinas Perkebunan terus melanjutkan kerjasama dengan perusahaan lama yang telah melaksanakan program Revbun. Seperti PT Djuanda sawit Lestari. Pada 2008 lalu, perusahaan ini memiliki lahan seluas 514,29 hektar dengan sasaran 436 KK di Kecamatan Muara Kelingi, yakni warga Desa Karya Sakti, Karya Mukti, Beliti Jaya dan Petrans Jaya.(03)

0 komentar:

Posting Komentar