Jumat, 19 Maret 2010

Lestarikan Alam dengan Pola Diversifikasi

0 komentar
MUSI RAWAS- Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kabupaten Musi Rawas, Suharto mengatakan pola tanaman diversifikasi dapat digunakan untuk menjaga kelestarian alam yang berfungsi sebagai penyimpan air dan menahan erosi tanah.
Penetapan pola tanam diversifikasi dimaksudkan untuk mengurangi lahan-lahan yang berpotensi erosi, keterbatasan kepemilikan lahan terutama masyarakat kurang mampu. Melestarikan lahan-lahan kritis, lahan-lahan yang kurang cocok ditanami karet dan kelapa sawit, lahan-lahan dataran tinggi.
Dari segi ekonomisnya, dengan pola diversifikasi diharapkan dapat menambah penghasilan masyarakat serta melaksanakan teknis budidaya pola tanam diversifikasi.
Langkah-langkah yang ditempuh, melalui sosialisasi teknis pengembangan melalui pendanaan APBD kabupaten, APBD provinsi dan APBN. Kemudian melakukan demplot minimal di setiap wilayah kecamatan melalui APBD kabupaten dan APBD provinsi.
Tujuannya tidak lain memberikan motivasi aktif kepada para petani untuk mempertahankan lahan yang terancam erosi, menambahkan pengetahuan dalam usaha perkebunan serta menambah pendapatan masyarakat atau petani selain budidaya karet atau kelapa sawit.
Mengenai kegiatan yang telah dilakukan Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas lanjut Suharto, antara lain melakukan penanaman tanaman karet secara kontur (dibuat teras bangku), dan dipinggirnya ditanami rumput gajah secara berbaris pada lahan topografi miring. Kemudian, pembuatan konversi air melalui pengembangan embung kantong air pada areal perkebunan dan melakukan pola tanam diversifikasi dengan tanaman pokok kakao dan tanaman jati.(03)

0 komentar:

Posting Komentar