Senin, 05 April 2010

SUU Sesalkan Kerja Pansus Jalan Ditempat

0 komentar
MUSI RAWAS- Pernyataan yang menyebutkan bahwa Pansus Aset Gate DPRD Kabupaten Musi Rawas tidak bisa bekerja maksimal karena terkendala dana langsung mendapat reaksi dari elemen masyarakat.
Koordinator LSM Sumpah Undang-Undang (SUU), Herman Sawiran mengatakan menyikapi statemen salah seorang anggota Pansus Aset soal ketidaksediaan dana dalam melaksanakan tugas di lapangan, SUU berpendapat dewan harus lebih banyak lagi belajar tentang pemahaman masalah dana-dana di DPRD.
Mulai dari uang makan, rapat Pansus, biaya rapat-rapat Pansus Aset baik yang bergerak maupun tak bergerak, tentu sudah disiapkan.
Sebagai lembaga terhormat lanjut Herman, DPRD mesti memberikan informasi kerja yang baik. Jangan sebaliknya membuat publik bertanya-tanya kenapa wakil rakyat sebagai lembaga pengesah dan pengawas APBD tidak tahu anggaran SKPD maupun di dewan sendiri.
Masih menurut Herman, dalam peraturan yang baru dijelaskan bahwa pengelolaan keuangan di legislatif sudah diplot secara terpisah. “Jadi tidak lagi bergabung dengan pihak eksekutif. Contoh, di lembaga DPRD sudah ada Kabag Keuangan dan sekretariat DPRD untuk membantu kelancaran sistem administrasi penggunaan keuangan, mulai dari gaji DPRD, biaya-biaya rapat atau sidang, kunker-kunker, studi banding serta biaya lain termasuk biaya cadangan,” tuturnya.
Jika Pansus Aset mengatakan tidak ada dana, ini salah besar, seolah pura-pura bodoh atau memang tidak mengetahui sama sekali. Pihak sekretariat dewan atau Setwan perlu memberikan pembelajaran dan penjelasan tentang keperuntukan dana-dana yang ada di DPRD. Sebagai contoh, Pansus Century di DPR RI, disediakan anggaran selama dua bulan hampir tiga milyar. Artinya pembentukan Pansus sudah direncanakan.
Maka dari itu sambung Herman, SUU mendesak Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas agar memanggil pihak-pihak tertentu untuk memaparkan macam-macam anggaran di DPRD sehingga tidak ada alasan lagi dewan kekurangan dana.
Diungkapkannya pula, hampir memakan waktu empat bulan, Pansus Aset cuma jalan ditempat. Bahkan tidak terdengar gaungnya. Malah saat mantan Bupati Musi Rawas tidak hadir, dewan biasa-biasa saja.(03)

0 komentar:

Posting Komentar