Jumat, 16 April 2010

Rawas Ulu Berpotensi Usaha Keramba Ikan

0 komentar
 
MURATARA– Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang memiliki aliran Sungai Rawas berpotensi untuk pengembangan usaha perikanan. Hal itu dilakukan dengan menggunakan keramba yang saat ini mulai dikembangkan masyarakat. “Masyarakat sekarang mulai melirik potensi yang ada di daerah ini, khususnya Sungai Rawas dengan memanfaatkan sebagai media pengembangan keramba ikan,” ujar Herman pengelola keramba di Desa Sungai Baung kepada wartawan koran ini, Kamis (15/4).

Ditambahkannya, saat ini usaha keramba ikan yang sudah dikembangkan sebanyak delapan unit di Desa Lesung Batu dan Desa Sungai Baung. Kemudian tiga unit di Desa Sungai Lanang dan delapan unit lagi di Desa Lesung Batu Muda.

Sedangkan untuk pengelolaan air tenang di Kecamatan Rawas Ulu, kata dia, masih tergolong rendah karena saat ini baru ada tujuh unit kolam air tenang yang tersebar di kecamatan tersebut. “Selama ini pengembangan peternakan ikan di wilayah ini masih cukup lamban, padahal potensi penunjang untuk usaha tersebut cukup menjanjikan dengan tersedianya Sungai Rawas dan anak-anak sungai,”imbuhnya.
Kendala utama yang menyebabkan masyarakat daerah kesulitan mengembangkan usaha meraka, menurutnya, karena kekurangan modal baik untuk keperluan pemenuhan pakan ikan maupun kesulitan mencari bibit ikan terutama ikan mas.

Dijelaskannya, selama ini sudah ada upaya yang dilakukan warga untuk mengatasi kendala permodalan tersebut dengan mengajukan usulan kepada dinas terkait, yaitu Dinas Peternakan dan Perikanan yang diusulkan kelompok tani dari Desa Meraung Lesung Batu, Desa Sungai Rawas, Desa Sungai Baung dan Sungai Lanang. Akan tetapi usaha itu hingga kini belum ada respon dari dinas terkait.

“Kami berharap usaha yang dikembangkan oleh masyarakat secara swadaya yang bertujuan meningkatkan perekonomian ini mendapat dukungan penuh dari pihak Pemkab Mura melalui dinas terkait. Hal ini dalam upaya pengembangan usaha perikanan, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” harapnya.(11)

0 komentar:

Posting Komentar