Rabu, 21 April 2010

Kecamatan Karangdapo Adakan Penyuluhan Penyakit Duku

0 komentar
KARANGDAPO- Kecamatan Karangdapo dalam waktu dekat akan menggelar penyuluhan penanganan penyakit duku. Penyuluhan itu dilakukan untuk mengatasi penyakit yang menyerang ribuan batang duku di Kecamatan Karangdapo dan kecamatan lain.
“Sabtu (25/4) nanti, kami akan mengadakan penyuluhan tentang penanggulangan penyakit jamur yang menyerang tanaman duku sejak tahun lalu,”kata Camat Karangdapo, Azhar Ibrahim kepada wartawan koran ini, Selasa (20/4).

Dilanjutkan Azhar Ibrahim, dengan adanya penyuluhan ini nantinya warga dibimbing langsung oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura. Kegiatan itu akan diikuti petani maupun penyuluh pertanian di Kecamatan Rupit dan Kecamatan Rawas Ilir serta kecamatan lainnya. “Diharapkan apa yang disampaikan nanti dapat bermanfaat bagi petani duku yang selama ini kesulitan mengatasi serangan hama. Sehingga banyak pohon duku mati, padahal buah duku merupakan salah satu andalan buah-buahan di Kecamatan Karangdapo,” harapnya.

Diakui Azhar, sudah cukup lama masyarakat mengeluhkan matinya tanaman duku yang tanpa sebab, sehingga hasil duku pada panen 2009 cukup jauh berkurang.
Sementara itu, Pardi, warga yang sama menyambut baik adanya penyuluhan tersebut. Namun, diharapkan pemerintah tidak hanya menyelenggarakan penyuluhan, akan tetapi juga dapat memberikan bantuan baik berupa obat-obatan penangganan penyakit tanaman tersebut. “Kalau memang ada hendaknya pemerintah dapat memberikan bantuan bibit duku unggul untuk mengganti batang duku yang mati sehingga mereka tidak merasa rugi,”katanya.
Diakuinya, hampir 20 persen batang duku yang telah berumur 10 hingga 15 tahun mati akibat penyakit jamur yang menggerogoti akar dan batang hingga menyebabkan daun duku layu dan mati.(11)

0 komentar:

Posting Komentar