Rabu, 14 April 2010

GI Rupit Segera Dibangun

0 komentar
MURATARA- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan membangun gardu induk (GI) untuk menyuplai aliran listrik di kawasan Muratara, yang rencananya dipusatkan di Kecamatan Rupit.
“Pembangunan gardu induk yang menelan dana mencapai Rp 200 miliar tersebut saat ini sudah disetujui pemerintah pusat,” kata Bupati Mura, Ridwan Mukti.
Dilanjutkannya, gardu induk ini nantinya mampu mengaliri arus listrik di Kecamatan Rupit, Karang Jaya, Karangdapo, Rawas Ulu, Rawas Ilir, dan Nibung. Serta kecamatan lain yang ada di kawasan Muratara.
Ditambahkan Ridwan Mukti, untuk pembangunan gardu induk tersebut Pemkab Mura mendapat sharing dana dari pemerintah pusat, dan diperkirakan pembangunannya pada 2010.
Diakuinya, selama ini Kabupaten Mura sangat kekurangan daya listrik, karena suplai arus listrik untuk kebutuhan warga Muratara hanya mendapat suplai dari GI Petanang Kota Lubuklinggau.
Hal ini menyebabkan listrik untuk kebutuhan beberapa kecamatan di Muratara sangat minim, bahkan beberapa kecamatan mendapat suplai kecilnya arus listrik sehingga cahayanya redup.
“Untuk itu diharapkan kepada masyarakat Muratara bersabar, dan dipastikan pada tahun–tahun mendatang kawasan ini tidak akan kekurangan arus listrik dengan adanya gardu induk di Kecamatan Rupit nantinya,”harapnya.
Sementara itu, Sukril, warga Karang Jaya menuturkan janji pembangunan gardu induk untuk menyuplai arus listrik di kawasan Muratara tersebut jangan hanya wacana dan janji politik menghadapi Pemilukada saja. “Selama ini kami warga di kawasan Muratara cukup kesulitan listrik, disamping arus yang masuk kecil juga beberapa desa di wilayah ini sama sekali belum mengenyam penerangan listrik,”katanya.
Dilanjutkan Sukril, kecilnya arus listrik di kawasan tersebut terlihat dari sering padamnya lampu yang terkadang dalam seminggu hanya hidup tiga hari, dan juga lampu yang menyala sangat redup.(11)

0 komentar:

Posting Komentar