Selasa, 15 Juni 2010

Sungai Rawas Sumber Mata Pencarian Masyarakat

0 komentar
 
RAWAS ILIR- Keberadaan Sungai Rawas membatu masyarakat Kecamatan Rawas Ilir menambah penhhasilan. Khususnya Desa Bingin Teluk yang mayoritas penduduknya memiliki mata pencarian nelayan. Selain itu Sungai Rawas juga dimanfaatkanmasyarakat untuk sebagai tempat Mandi Cuci Kakus (MCK). 

Muhammad salah seorang nelayan warga Desa Bingin Teluk kepada kontributor koran ini, Senin (14/6) mengatakan, aktivitas sebagai nelayan sudah ditekuninya sejak beberapa tahun silam. Selama ini menurut dia Sungai Rawas sebagai sumber kehidupan masyarakat khususnya bagi keluarga Muhammad. “Tapi beberapa bulan terakhir penghasilan warga mulai berkurang karena air Sungai Rawas sudah mulai surut,”cerita Muhammad. 

Dengan kondisi ini Muhammad berharap pemerintah dapat lebih memperhatikan nasib masyarakat yang mengantungkan hidupnya sebagai nelayan. Dengan adanya bantuan tersebut dikatakan Muhammad para nelayan bisa menghidupkan keluarga dengan layak. “Kami berharap pemerintah dapat memberikan bantuan untuk penagkaran ikan air hidup atau sering disebut kerambah serta bantuan bibit ikan sesuai dengan kadar airnya,” harap Muhammad. 

Dikatakannya, untuk MCK yang ada di sepanjang Sungai Rawas sudah menjadi tradisi masyarakat sejak zaman dahulu. Untuk menghindari pencemaran air, pemerintah juga diharapkan dapat memprogramkan pembuatan WC.(K-1)

0 komentar:

Posting Komentar