Senin, 24 Januari 2011

Truk PT Lonsum Terperosok ke Loading Pabrik CPO

0 komentar
RAWAS ILIR- Satu unit mobil truk pengangkut buah sait Nopol BG 8719, jatuh ke loading (tempat pembuangan sawit) pabrik CPO milik PT Lonsum di Bukit Hijau Desa Beringin Makmur II Kecamatan Rawas Ilir. Peristiwa tersebut terjadi Jumat (20/1) malam, tidak menimbulkan korban jiwa.
Informasi diterima koran ini, kronologis kejadian bermula saat salah seorang buruh bongkar muat berinisial AS bersama temannya berniat akan membongkar muatan sawit yang ada dalam truk Nopol BG 8719 dikemudiukan Andi. Setelah berada diareal pabrik, mobil tersebut berjalalan mundur mendekati bibir loding. Naasnya sopir mobil tidak dapat mengendalikan laju kendaraan sehingga langsung terjatuh ke dalam lodong.
“Akibatnya bak mobil belah karena terbentur dengan besi loading. Untung sopir mobil tidak mengalami luka. Kami juga sebagai kuli bongkar merasa cemas, karena kalau posisi kami naik keatas mobil tidak menutup kemungkinan akan menjadi korban,” cerita AS salah seorang buruh bongkar muat.
Sebenarnya menurut AS selama ini pada pinggiran loding terdapat besi pembatas, namun saat ini sudah banyak yang rusak. Lambatnya perbaikan yang dilakukan pihak pabrik membahayakan kendaraann yang akan melakukan bongkar muat. “Kejadian dialami Andi ini, sebagai bukti pihak perusahaan kurang memperhatikan keselamatan sopir mobil dan kuli bongkar muat,” tudingnya.
Padahal lanjut AS, sopir dan kuli bongkar buah sawit merupakan mitra kerja yang membuat perusahaan dapat melakukan aktivitas pengolahan buah sawit. Seharusnya pihak perusahaan lebih memperhatikan keselamatan mitra kerja dan tidak menganggap remeh. “Kami berharap kepada pihak pemerintah agar dapat mengambil tindakan terhadap perusahaan yang tidak memperhatikan keselamatan pekerja maupun mitra kerjanya,” imbuh AS.(K-1)

0 komentar:

Posting Komentar